7 Permainan Sederhana Berbudget Rendah di Acara Ulang Tahun Anak

Di usia anak-anak salah satu momen terindah adalah bisa merayakan ulang tahun. Merayakan ulang tahun ini selain menambah keakraban bersama keluarga juga menjadi ajang bersosialisasi bersama teman-temannya.

65737
0
BAGIKAN

games-02Di usia anak-anak salah satu momen terindah adalah bisa merayakan ulang tahun. Merayakan ulang tahun ini selain menambah keakraban bersama keluarga juga menjadi ajang bersosialisasi bersama teman-temannya.

Menyelenggarakan pesta ulang tahun tidak perlu dengan cara yang mewah dan mahal. Menggunakan budget yang murah pun Anda bisa menyelenggarakan pesta dengan tema yang sederhana namun meriah seperti berikut ini:

1. Kreasi Cupcake Sendiri

Anak-anak akan suka ketika terlibat langsung dalam suatu kegiatan. Di acara ulang tahun buat para tamu anak-anak terlibat dalam membuat kue-kue dan cupcake yang menggunakan adonan berwarna-warni, hiasan-hiasan, dan cetakan kue beraneka bentuk. Untuk urusan memanggang, biar tamu dewasa yang melakukannya. Sebagai bingkisan, para tamu anak dapat membawa pulang kue hasil kreasi mereka sendiri.

2. Freeze Dance

Permainan ini mengajak anak-anak untuk bergerak lebih banyak. Mereka diajak untuk berlomba menari. Ketika musik berhenti mereka harus dan dan bergaya tapi tidak tersenyum atau kelihatan giginya. Ketika musik berhenti anak-anak akan diberikan gangguan dan melihat bagaimana reaksi mereka. Siapa yang bertahan dialah yang menang sampai permainan gerakan dance tersebut berakhir.

3. Menggambar Bebas

Di acara ulang tahun, coba ajak tamu untuk mengenal lebih dekat alam dengan cara menggambar bebas. Konsep ini sangat cocok dilakukan jika pesta diadakan di sebuah taman atau halaman rumah. Menggambar bebas ini juga bisa dilakukan dengan cara menggambar tembok dengan imajinasi apapun sesuai dengan kreativitas mereka.

4. Mencari Harta Karun

Tema pesta dengan konsep putri, peri, raja, Angry Birds dan kartun populer mungkin sudah biasa. Bagaimana jika Anda mulai berkreasi dengan tema ala Captain Jack atau Indiana Jones. Anak-anak diajak berburu harta karun yang sebelumnya sudah disembunyikan di suatu tempat. Berikan petunjuk – petunjuk menantang saat anak mencari harta karun tersebut. Harta karun bisa dijadikan hadiah permainan bagi tamu yang berhasil menemukannya.

5. Game puzzle

Puzzle sangat bagus untuk melatih ketangkasan anak. Puzzle ini dapat dijadikan permainan menarik di pesta ulang tahun si kecil. Anda bisa membeli sebuah puzzle berukuran besar dan mengajak para tamu si kecil untuk secara berkelompok menyelesaikan tantangan puzzle tersebut. Setiap kelompok akan menyelesaikan puzzle tersebut dan bagi siapa yang paling cepat menyelesaikannya mereka–lah yang menang.

6. Permainan Olimpiade

Pesta dengan tema olahraga, kenapa tidak? Selenggarakan pesta di luar ruangan dan buat konsep pesta seperti sebuah pertandingan olimpiade. Anda mengajak para tamu pesta untuk berkompetisi satu sama lain dalam permainan olahraga, misalnya permainan hula hoop, lari e stafet, renang, sepak bola atau olahraga lainnya. Untuk pemenang berhak mendapatkan medali emas.

7. Buat stand permainan

Stand permainan ini bisa Anda lakukan bersama orangtua tamu si kecil. Anda membuat pos pos permainan misalnya pos pertama permainan lego, pos kedua meja seni untuk tantangan kerajinan tangan, pos ketiga melukis dan menggambar. Para orangtua diajak menjaga stand tersebut sambil mengawasi si anak.

Konsep pesta tersebut tidak membutuhkan banyak biaya namun suasana pesta menjadi sangat meriah karena para tamu undangan diajak terlibat langsung dalam acara yang menyenangkan.

Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR