7 Tip Hemat Merayakan secara Meriah Ulang Tahun Anak

3678
0
BAGIKAN

Merayakan ulang tahun anak dengan meriah tentu menjadi keinginan semua orang tua. Sayang, banyak orang yang merasa bahwa meriah sama dengan mahal. Padahal, kenyataannya tidak deikian. Walaupun kondisi finansial kurang mendukung, Anda masih tetap bisa merayakan ulang tahun Anak Anda secara meriah. Di bawah ini adalah 7 tip untuk merayakan ulang tahun yang hemat tetapi meriah.

1Rencanakan jauh-jauh hari

Penyelenggaraan suatu pesta tak bisa lepas dari sebuah perencanaan. Untuk pesta ulang tahun ini Anda perlu menyiapkannya jauh-jauh hari agar risiko biaya tidak membengkak. Jangan lakukan persiapan pesta secara mendadak sebab Anda tidak akan mendapatkan banyak referensi dalam membandingkan harga. Tulis pula daftar keperluan pesta mulai dari peralatan, makanan, dekorasi, kue ulang tahun hingga bingkisan/ goodie bag.

2Cerdas Mencari Tempat Pesta Murah

Pesta tak harus digelar di sebuah restoran, gedung pertemuan ataupun hotel. Pesta sebenarnya dapat digelar di rumah jika ruangan memungkinkan, atau menggunakan halaman sebagai konsep pesta taman. Anda juga bisa meminjam halaman belakang atau kolam renang rumah kerabat tanpa harus menyewa. Jika terpaksa mengggunakan restoran, hubungi pihak restoran untuk membicarakan adanya diskon jika memesan dalam partai besar di hari kerja.

3Undangan

Undangan cetak yang berbentuk kertas atau lainnya lebih banyak menghabiskan dana. Anda bisa menggunakan undangan secara digital kepada tamu si Kecil. Misalnya menyebarkan undangan melalui Line, Whats App, Path, Facebook, BBM. Undangan juga bisa dibuat secara kreatif dengan membuat video berdurasi 10-20 detik.

Batasi juga jumlah tamu yang ingin Anda undang. Jumlah undangan tentu akan memengaruhi jumlah akomodasi yang akan dikeluarkan seperti makanan dan bingkisan. Selain dana,  luas ruangan juga menjadi pertimbangan berapa tamu yang akan diundang.

4Manfaatkan apa yang dimiliki

Tak perlu membeli jika Anda memiliki beberapa aksesoris dan peralatan pesta di rumah atau sisa perayaan tahun kemarin. Jika Anda hobi memasak, ajak teman untuk membantu Anda menyiapkan makanan pesta. Manfaatkan teman atau kerabat yang jago MC sehingga tak perlu menyewa MC dari luar. Selain untuk konsep dekorasi manfaatkan barang-barang atau sisa pesta sebelumnya sehingga tak perlu membeli yang baru.

5Merayakan bersama keluarga

Salah satu cara merayakan pesta ulang tahun anak secara hemat adalah merayakannya bersama keluarga. Jadi tidak perlu mengundang teman anak Anda. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mempersiapkan pesta meriah. Bersama keluarga, pesta ulang akan lebih terasa kekeluargaannya sekaligus menjadi quality time bersama. Tak hanya itu kehadiran orangtua bisa menjadi hadiah ulang tahun yang sangat bermakna bagi anak.

6Merayakan bersama keluarga

Merayakan pesta ulang tahun di sekolah bisa menjadi alternatif untuk anak Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah berdiskusi dengan pihak sekolah untuk pelaksanaannya. Gabungan antara merayakan bersama keluarga dan di sekolah bersama teman bisa merupakan alternatif ulang tahun yang meriah tetapi hemat.

7Tidak merayakan ulang tahun setiap tahun

Pesta ulang tahun sebenarnya tak perlu dilakukan setiap tahun. Pesta ulang tahun dalam konsep besar bisa dipersiapkan pada anak ketika berusia 4 tahun ke atas. Pada usia ini anak-anak juga cenderung sudah memiliki teman sepermainan di sekolah dan di lingkungan tempat tinggal.

Meski dengan budget minimalis namun dengan konsep yang matang pesta ulang tahun anak akan lebih meriah dari yang Anda bayangkan.

Sumber:

TINGGALKAN KOMENTAR