4 Cara Mudah Membersihkan Kuas Make Up Sendiri

Peralatan make up seperti kuas adalah salah satu tempat terbaik bagi bakteri dan kuman berkembang biak. Ketika kuas make up digunakan maka Anda akan terkontaminasi dengan sebagian makeup, minyak, kotoran, dan bakteri yang terperangkap di sela bulu-bulu kuas. Apalagi jika Anda menyimpannya di tempat yang tidak higienis.

3900
0
BAGIKAN

Tidak perlu membeli, jika kuas masih dalam kondisi bagus. Anda cukup membersihkannya secara rutin untuk membuang semua kotoran, residu dan bakteri yang menempel. Apalagi dengan harga kuas yang tergolong tidak murah, Anda perlu tahu 4 cara membersihkan kuas agar kualitasnya tetap terjaga.

Membersihkan-Kuas

1. Buat sendiri Brush Cleaner

Brush cleaner yang dijual dipasaran harganya cukup mahal. Brush cleaner ini hanya berupa cairan pembersih kuas yang bisa dibuat sendiri sabun khususnya. Cukup menggunakan sabun cuci piring dan minyak zaitun yang dicampurkan untuk mencuci kuas. Sabun cuci piring berfungsi untuk membunuh bakteri pada kuas, sedangkan minyak zaitun untuk mengembalikan kehalusan bulu kuas setelah dicuci. Dengan kedua bahan tersebut, bulu kuas akan kembali lembut.

2. Mencuci kuas

Untuk mencuci kuas usahakan menggunakan air hangat yang diberi brush cleaner ataupun sampo bayi. Bersihkan kuas di atas telapak tangan sampai berbusa dan sapukan bolak balik sampai sisa makeup luntur. Lakukan berulang kali sampai kuas benar-benar bersih.

Hindari merendam kuas di dalam air sabun. Merendam tidak akan melepaskan bakteri justru malah membuat bakteri terperangkap pada kuas make up.

3. Bilas dengan Air Mengalir

Setelah kuas dicuci dengan sabun kini saatnya Anda membilasnya dengan air mengalir. Cara ini bertujuan untuk membuang kuman dan bakteri yang tersisa sehingga bisa larut bersama air. Bilas sampai semua kotoran hilang dan sisa sabun dan minyak zaitun luntur. Peras perlahan bulu kuas untuk membuang air yang tersisa.

4. Keringkan kuas

Jangan mengeringkan kuas dengan hair dryer sebab akan membuat lem pada kuas mengering dan bulu kuas rontok. Keringkan secara alami dengan cara diangin-anginkan dan digantung terbalik agar air menetes keluar. Bisa juga dengan menempel-nempelkan pada kain kering yang mudah menyerap air.

Dengan cara diatas, Anda tak perlu membeli kuas baru selama kuas yang lama masih bisa dibersihkan dan digunakan kembali. Selama mencoba!

Sumber:

TINGGALKAN KOMENTAR