10 Aspek dalam Mengadakan Pesta Pernikahan

2541
0
BAGIKAN

Menikah merupakan sebuah komitmen seumur hidup. Itulah sebabnya banyak orang yang akan menikah mempersiapkan segala hal dengan matang, termasuk penyelenggaraan pesta pernikahan. Dalam mempersiapkan pesta pernikahan paling tidak ada 10 aspek yang harus dipersiapkan secara rinci dan detil agar semua berjalan lancar dan sesuai dengan budget yang sudah ditetapkan.

1Tim Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan tidak bisa dipersiapkan oleh Anda berdua dengan pasangan saja. Anda membutuhkan tim untuk suksesnya pesta pernikahan. Anda juga bisa menyewa wedding organizer untuk membantu Anda menyiapkan semua persiapan pesta. Tentunya memanfaatkan wedding organizer akan menambah dana pernikahan.

2Tempat Resepsi Pernikahan

Tempat untuk resepsi pernikahan harus disiapkan pertama kali. Anda harus menentukan dulu dimana akan melangsungkan pesta pernikahan. Sesuaikan pemilihan tempat dan kapasitas ruangannya dengan tema atau konsep yang Anda inginkan. Serta pikirkan ketersediaan dana yang sudah Anda tetapkan untuk tempat resepsi. Setelah tempat diperoleh maka hal lain bisa Anda pikirkan dengan tenang.

3Katering

Untuk katering Anda bisa mempersiapkannya sendiri di rumah jika memang diadakan di rumah. Selain itu juga bisa memakai vendor-vendor yang menyediakan jasa katering. Tentukan berapa jumlah tamu undangan dan ketika pemesanan lipat gandakan jumlah tamu untuk jumlah porsi yang Anda pesan. Sebelumnya, konsultasikan dulu dengan vendor tersebut, jenis menu apa yang cocok untuk tema pesta Anda serta budget yang tersedia.

4Baju Pengantin dan Keluarga

Baju pengantin harus disesuaikan dengan tema pesta pernikahan. Anda bisa menuju membuat baru atau menyewa baju pengantin. Sebaiknya, Anda berkonsultasi pada orang yang ahli mengenai jenis baju pengantin dan baju keluarga pengantin. Jangan sampai antara baju dan dekorasi tidak cocok satu sama lain.

5Dekorasi Pesta

Dekorasi akan menjadikan pesta pernikahan Anda tampak sempurna. Untuk mempercantik dan menghias tempat resepsi Anda bisa menyerahkannya pada vendor wedding decoration. Sebelumnya, pilih dekorasi yang cocok dengan gaya dan budget Anda. Konsultasikan tema pernikahan Anda dengan vendor tersebut sehingga mereka dapat menerjemahkan keinginan pernikahan impian Anda melalui karya mereka.

6Undangan dan Suvenir

Tamu yang diundang pertama kali akan menilai pernikahan Anda dari undangan yang mereka terima. Mulai dari desain yang cantik, hingga penulisan nama dan tamu undangan akan menentukan apakah tamu tersebut bersedia datang ke pesta pernikahan Anda atau tidak. Pilih model undangan yang Anda sukai, tulis nama dan gelar tamu undangan dengan baik dan benar serta sebarkan undangan pada 2-3 minggu sebelum pernikahan berlangsung.

Untuk suvenir, pilihlah jenis suvenir yang sekiranya bermanfaat untuk tamu. Meskipun tidak mahal namun jika bermanfaat akan sangat berarti dan membuat tamu undangan mengingat momen pernikahan Anda.

7Make Up

Anda sebaiknya memilih make-up artist yang memang sudah terbiasa merias wajah pengantin. Sebelumnya, Anda perlu memilih jenis make up yang harganya sesuai dengan anggaran. Jangan ngotot memilih make-up yang mahal jika Anda tidak sanggup membayarnya. Tak hanya itu, berikan informasi kepada penata rias tentang kondisi wajah dan tingkat sensitifitas wajah, sehingga mereka bisa menyesuaikan produk kosmetik yang digunakan untuk merias wajah Anda.

8Dokumentasi

Pesta pernikahan ini adalah momen spesial Anda sekali seumur hidup. Persiapkan dokumentasinya dengan serius. Tidak harus mahal namun Anda bisa yakin dengan hasilnya. Paling penting adalah Anda bisa merasa nyaman dan tidak canggung berpose di depan fotografer atau videographer yang sudah Anda sewa.

9Transportasi

Transportasi juga harus dipikirkan dari awal agar nantinya tidak kacau saat jalannya pesta pernikahan. Untuk menghemat biaya transportasi Anda bisa meminjam mobil kerabat atau tetangga dekat, atau bisa juga menyewa mobil dengan sopir.

10Entertainment

Entertainment ini mulai dari pembawa acara dan hiburan seperti penyanyi, pemain musik atau penari. Pembawa acara adalah bagian terpenting untuk mengatur jalannya acara pesta pernikahan dari awal sampai akhir. Sedangkan hiburan berfungsi untuk menambah suasana pesta menjadi semakin meriah. Anda bisa menyewa pemain musik dan penyanyinya, band atau akustik atau menyewa penari untuk tarian tradisional atau modern untuk menghibur tamu undangan.

Dengan memperhatikan 10 aspek ini diharapkan pesta pernikahan Anda berlangsung dengan lancar dan sukses.

Untuk daftar lebih detail bisa dilihat pada Anggaran Pernikahan.

Sumber: Diambil dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR