Tips Mencari Bengkel yang Tepat untuk Perbaikan Rutin Mobil Kesayangan, Pertimbangkan 5 Hal Ini

20
0
BAGIKAN

Merawat mobil kesayangan adalah bagian penting agar kendaraan senantiasa bisa membantu mobilitas dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan rutin membawa ke bengkel untuk menjalani perawatan.

Namun sebelumnya, pemilik kendaraan perlu tahu bengkel mana yang bisa diandalkan.

Ada banyak parameter yang bisa jadi tolok ukur bengkel yang dapat dipilih. Selain dari segi harga, pelayanan juga perlu jadi pilihan.

Baik untuk kenyamanan atau untuk menghemat uang, kesalahan umum memilih bengkel bisa membuat mobil tidak mendapatkan perawatan terbaik. Imbasnya, pemilik mungkin harus membayar biaya perbaikan lebih.

Dilansir JatimNetwork.com dari The Sun, berikut 5 tips dari which.co.uk yang dapat membantu menemukan bengkel yang tepat dan memastikan pemilik mendapatkan harga terbaik.

1. Lakukan penelitian

Sama seperti membeli mobil, pemilik perlu melakukan penelitian sebanyak mungkin untuk menemukan bengkel yang sesuai.

Jika pemilik mencari bengkel yang dekat dengan rumah, bicaralah dengan orang yang dipercaya dan minta rekomendasi.

Sebelum berkomitmen mencari bengkel yang baru, pastikan untuk mencari ulasan dan testimoni independen secara online.

2. Teliti harga sebelum menyerahkan kunci

Harga adalah salah satu parameter yang penting untuk menjadi pertimbangan. Sebabnya, tidak jarang ada bengkel dengan biaya jasa yang tidak masuk akal.

Sehingga penting bagi setiap pemilik untuk bertanya dulu mengenai perkiraan harga sebelum menyerahkan kunci kepada mekanik.

Lakukan survei harga secara online atau membandingkan dengan harga di pasaran. Mintalah rekomendasi dan testimoni dari orang yang berpengalaman terkait hal ini.

Selain itu, banyak pemilik yang akan langsung membawa mobil ke dealer lokal karena takut jika membawa ke garasi lain akan membatalkan garansi pabrik.

Tetapi satu-satunya syarat yang diperlukan untuk mempertahankan garansi adalah agar mobil tersebut diservis sesuai jadwal yang telah ditentukan dan memakai suku cadang yang pernah disetujui oleh pabrik.

3. Minta penawaran dan tanda terima dari mekanik

Sebelum meninggalkan mobil di bengkel baru, penting untuk meminta penawaran tertulis kepada mekanik tentang biaya servis dan mengklarifikasi apakah biaya sudah termasuk suku cadang, tenaga kerja, dan PPN.

Ketika tiba saatnya untuk mengambil mobil, mintalah faktur yang ditandai dengan jelas dan simpan di tempat yang aman untuk referensi di masa mendatang.

Pemilik mobil juga dapat meminta mekanik untuk menunjukkan pekerjaan apa yang telah dilakukan pada mobil.

4. Servis mobil secara berkala

Sangat umum bagi pemilik mobil lupa kapan waktu yang tepat untuk servis rutin, bahayanya cara ini dapat merusak kendaraan.

Jadwal servis mobil dituangkan dalam buku panduan pemilik jika lupa kapan waktunya untuk check-up.

Jika mobil hanya memerlukan perbaikan kecil, pemilik dapat menemukan panduan langkah demi langkah secara online yang merinci cara memperbaiki sendiri fitur tertentu pada kendaraan.

Tetapi berhati-hatilah untuk tidak mencoba apa pun yang harus diserahkan kepada seorang profesional.

5. Waspadalah terhadap garansi aftermarket

Garansi pabrik biasanya hanya berlangsung tiga tahun untuk kebanyakan mobil baru.

Meskipun memungkinkan untuk membeli garansi pihak ketiga yang baru, banyak dari perusahaan asuransi ini tidak dapat dipercaya dan memberikan nilai uang yang buruk.

Dalam beberapa kasus, masalah keausan umum malah tidak tercakup dalam kebijakan ini.***

Sumber: https://www.jatimnetwork.com/otomotif/pr-43969566/tips-mencari-bengkel-yang-tepat-untuk-perbaikan-rutin-mobil-kesayangan-pertimbangkan-5-hal-ini?page=all

TINGGALKAN KOMENTAR