10 Manfaat Asuransi Perjalanan

1273
0
BAGIKAN

Melakukan perjalanan tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri ketika menghadapi masalah di destinasi tujuan. Apalagi jika Anda bepergian jauh ke luar negeri Anda membutuhkan jaminan sehingga liburan bisa nyaman dan aman. Asuransi perjalanan ini dianggap sebagai perlindungan ampuh ketika melakukan perjalanan. Fungsi asuransi perjalanan sendiri tak jauh berbeda dengan produk asuransi pada umumnya. Hanya bedanya asuransi ini hanya melindungi Anda ketika dalam perjalanan. Kita tidak akan pernah mengira bahwa ketika berlibur mengalami musibah baik perorangan maupun rombongan. Musibah tersebut bisa menimbulkan kerugian materi yang cukup besar. Perlindungan yang ditawarkan akan dipengaruhi oleh premi yang dibayarkan. Namun, paling tidak secara umum ada sepuluh (10) manfaat dari Asuransi Perjalanan seperti yang ada pada daftar di bawah ini.

1. Kecelakaan

Asuransi akan menanggung biaya kematian, kehilangan anggota badan, kelumpuhan total akibat kecelakaan selama perjalanan. Ketika Anda meninggal dalam perjalanan, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada keluarga, sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kelangsungan hidup keluarga Anda.

2. Penutupan ganda

Asuransi memberikan santunan ganda jika kecelakaan terjadi di pesawat terbang komersil terjadwal.

3. Biaya pengobatan darurat

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan pengobatan darurat ketika perjalanan seperti saat sakit atau terluka, pengobatan darurat yang jauh dari rumah biasanya membutuhkan biaya pengobatan yang mahal.

4. Pemulangan jenazah.

Produk asuransi perjalanan juga menanggung biaya pemulangan jenazah yang terdiri dari dua alternatif seperti biaya pemulangan jenazah dan biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian.

5. Manfaat perawatan anak dan kunjungan duka.

Asuransi memberikan perawatan anak jika Anda melakukan perjalanan dan sakit sehingga harus dirawat di destinasi perjalanan.

6. Evakuasi medis

Asuransi menawarkan bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia selama Anda dalam perjalanan.

7. Bagasi dan barang pribadi.

Kehilangan barang atau kerusakan bagasi juga biasanya akan ditanggung oleh pihak asuransi. Produk asuransi akan memberikan ganti rugi jika Anda mengalami keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam. Begitu Anda mengalami kejadian tersebut segera mengajukan kliam untuk mendapatkan kompensasinya.

8. Terkait perjalanan.

Asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan pada beberapa kasus selama perjalanan. Misalnya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam, penggantian uang muka yang hangus, biaya akomodasi, makanan dan minuman yang disebabkan oleh penerbangan yang salah. Bentuk kompensasi yang diberikan akan berbeda-beda tergantung dari perusahaan asuransinya.

9. Perlindungan rumah.

Asuransi akan membayarkan kerugian dari kerusakan atau kebarakan rumah tertanggung ketika ditinggal kosong karena perjalanan yang sedang dilakukan.

10. Kerugian akibat terorisme dan bencana alam.

Asuransi juga menanggung kerugian akibat terorisme dan bencana alam yang terjadi di tempat di mana Anda tengah melakukan perjalanan. Aksi terorisme dan bencana alam adalah kejadian yang kita tak pernah tahu kapan terjadi. Aksi ini mungkin saja merugikan Anda baik secara fisik, mental maupun finansial. Pihak asuransi akan menanggung segala kerugian akibat tindakan teroris serta bertanggung jawab atas musibah bencana alam yang mungkin dialami oleh jasa transportasi. Beberapa perusahaan asuransi tentu saja menawarkan produk asuransi perjalanan yang berbeda-beda. Anda harus lebih cermat dalam menentukan jenis produk asuransi perjalanan sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian selama melakukan perjalanan, terutama kerugian materi.

TINGGALKAN KOMENTAR