Mengenal Asuransi

989
0
BAGIKAN

Untuk bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, kita harus mengerti arti dari asuransi. Banyak definisi mengenai asuransi beredar, tetapi sebenarnya semua hampir sama. Secara umum, dasar dari asuransi adalah satu pihak ingin mengelakkan suatu resiko dengan cara menyerahkannya kepada orang lain.

Definisi asuransi yang sering dipakai diambil dari Undang-undang no 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian yang telah diundangkan pada tanggal 11 Februari 1992.

Pada UU ini, asuransi atau pertanggungan didefiniskan sebagai perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung kerena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Dari definisi ini, ada enam unsur dari suatu asuransi yaitu:

  1. Adanya pihak tertanggung (pihak yang kepentingannya diasuransikan).
  2. Adanya pihak penanggung (pihak perusahaan asuransi yang menjamin akan membayar ganti rugi).
  3. Adanya perjanjian asuransi (antara penanggung dan tertanggung).
  4. Adanya pembayaran premi (oleh tertanggung kepada penanggung).
  5. Adanya kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan (yang diderita oleh tertanggung).
  6. Adanya suatu peristiwa yang tidak pasti terjadinya

TINGGALKAN KOMENTAR