Mengenal 8 Elemen Biaya pada Asuransi Jiwa Unit Link

2634
0
BAGIKAN

Setiap produk, termasuk Asuransi, pasti memiliki elemen biaya di dalamnya. Biaya ini tidak akan menjadi masalah ketika produk sangat bermanfaat atau mendatangkan keuntungan yang besar. Biaya-biaya baru menjadi masalah ketika kondisi stabil atau merugikan. Untuk membuat Anda lebih mengenali produk Asuransi Jiwa Unit Link, di bawah ini adalah 8 elemen biayanya.

1. Biaya Awal

Biaya awal ini dikenakan satu kali pada saat pembelian unit. Besar biaya awal ini biasanya merupakan persentase dari jumlah investasi (misalnya saja 3% atau 5%).

2. Biaya Manajemen Dana

Sebagian dana Anda pada unit link diinvestasikan dan dikelola oleh manajer investasi professional. Untuk itu, Anda dikenakan biaya manajemen dana sebesar antara 0,5% hingga 2% per tahun.

3. Biaya Manfaat

Biaya manfaat dikenakan karena proteksi yang diberikan oleh perusahaan asuransi selama polis unit link aktif. Biaya ini biasanya dikenakan bulanan dan jika Anda tidak melakukan top up, akan didanai dengan menjual unit yang jumlahnya setara dengan biaya manfaat.

4. Biaya Polis

Biaya polis digunakan untuk menutup biaya administrasi untuk penerbitan polis dan juga pengeluaran rutin dalam mengelola polis. Biaya ini relatif sama untuk semua jenis polis tidak tergantung dari besarnya manfaat yang dimiliki.

5. Biaya Administrasi

Biaya administrasi digunakan untuk menutup pengeluaran awal polis yang besarnya antara 0,2% hingga 0,4% dari rata-rata aset. Biaya ini muncul akibat aktivitas menyimpan, mencatat data dan memberikan pelayanan transaksi kepada pemegang unit.

6. Biaya Tebus

Biaya tebus adalah biaya yang dibayar nasabah saat memutuskan untuk menebus sebagian atau seluruh unitnya sebelum jangka waktu tertentu yang sudah ditetapkan. Beberapa perusahaan asuransi menetapkan waktu untuk boleh menebus adalah 7 tahun.

Biaya ini dikenakan sebagai kompensasi bagi perusahaan asuransi untuk menutup biaya penerbitan dan administrasi polis. Besar biaya ini biasanya berdasar pada persentase dari total nilai tunai yang akan diambil atau ditebus oleh nasabah. Biaya ini biasanya semakin menurun setiap tahunnya.

7. Biaya Cuti Premi

Cuti Premi berarti pemegang polis memilih untuk berhenti membayar premi rutin untuk jangka waktu tertentu selama nilai tunai polis mereka cukup untuk membayar premi dan biaya-biaya bulanan lainnya. Premi rutin akan dibayarkan melalui penjualan unit dengan harga bid sejumlah besarnya premi.

Saat melakukan cuti premi Anda akan dikenakan biaya cuti premi yang besarnya biasanya merupakan persentase tertentu dari premi rutin dengan persentase yang semakin menurun seiring waktu.

8. Biaya Pengalihan Dana

Biaya pengalihan dana dikenakan ketika pemegang polis ingin mengalihkan seluruh atau sebagian dana yang dimiliki pada satu unit link ke unit link yang lain yang dimiliki oleh perusahaan asuransi yang sama.Pengalihan dana biasanya gratis pada tahun pertama. Untuk tahun berikutnya, dikenakan biaya pengalihan dengan besaran tetap.

 

Sumber: http://www.protekita.com/206/8-jenis-biaya-pada-asuransi-jiwa-unit-linked/ dan sumber-sumber lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR