6 Penyebab Klaim Asuransi Kebakaran Anda ditolak

2718
0
BAGIKAN

Ketika Anda membeli Asuransi, Anda pasti mengharapkan proses klaimnya mudah dan cepat. Namun, kenyataannya tidaklah selalu demikian. Ada kalanya klaim Anda ditolak. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari polis dengan detil untuk mengetahui hak dan kewajiban Anda.

Paling tidak, ada 6 alasan klaim asuransi kebakaran ditolak:

1.  Surat pengajuan klaim tidak sesuai dengan polis

Surat pengajuan Klaim Anda harus sesuai dengan apa yang tertulis di polis. Oleh karena itu, Anda sebaiknya bertanya dengan detil mengenai cara pengajuan klaim ini kepada agen Anda sebelum memutuskan untuk membeli asuransi.

2.  Terlambat dalam mengajukan klaim

Ada batasan pengajuan Klaim yang ada pada polis. Anda sebaiknya sangat memperhatikan hal ini. Jika pada polis asuransi Anda, tertulis pengajuan klaim maksimal 7 hari dari mulai terjadinya kerusakan maka jangan sampai Anda melanggar ketentuan ini.

Kelalaian dalam memenuhi syarat waktu pengajuan surat klaim ini akan menghambat kerja pihak asuransi dalam memenuhi permintaan Anda. Karena dalam memproses surat klaim ada banyak langkah dan proses yang harus dilalui oleh pihak asuransi. Proses selengkapnya lihat artikel …..

3. Ada unsur kesengajaan

Ketika pihak asuransi memiliki kecurigaan adanya unsur kesengajaan dari pihak Anda saat mempelajari klaim Anda maka klaim asuransi Anda bisa ditolak. Oleh karena itu pastikan Anda memberi pernyataan sejujurnya mengenai terjadinya kebakaran, kalau perlu minta surat pernyataan resmi penyelidikan lansung dari polisi untuk ikut disertakan dalam surat pengajuan klaim.

4.  Ada indikasi kesalahan karena kecerobohan Anda

Bisa saja penyebab kerusakan pada bangunan berasal dari kecerobohan Anda. Bisa saja ditemui Anda melakukan tindakan yang ceroboh seperti meletakkan bahan bakar dengan dengan kompor dan sebagainya. Kecerobohan dan kesengajaan sering sulit untuk dibedakan. Oleh karena itu, kecerobohan bisa membuat klaim asuransi Anda ditolak.

5.  Asuransi tidak melindungi dari kebakaran

Anda harus mengerti batasan dari perlindungan yang diberikan oleh asuransi Anda yang tertulis pada polis. Biasanya polis standar asuransi tidak menyediakan perlindungan aset terhadap kebakaran. Asuransi kebakaran biasanya sudah terbagi sendiri. Untuk itu sebelum Anda memutuskan memilih asuransi, Anda harus mengetahui perlindungan dari apa saja yang bisa dipenuhi oleh pihak asuransi.

6.  Tidak membayar premi asuransi

Sebelum menuntut hak, Anda sebaiknya menyelesaikan semua kewajiban Anda. Pihak asuransi pasti akan menolak memberikan hak Anda untuk mendapat klaim ketika Anda tidak memenuhi kewajiban Anda yaitu membayar polis.

TINGGALKAN KOMENTAR