4 Kriteria Penentu untuk Mengambil Asuransi

1423
1
BAGIKAN
Symbol of scales is made of stones on the cliff

Asuransi adalah salah satu tool yang luar biasa bermanfaat di dalam perencanaan keuangan jika dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilah, bagian mana yang memerlukan asuransi dan mana yang tidak.

Ada paling tidak empat kriteria untuk menentukan yaitu:

1. Musibah

Musibah adalah hal buruk yang tidak Anda inginkan tetapi bisa terjadi. Asuransi adalah proteksi dalam hal keuangan ketika musibah terjadi. Jadi, semua yang tidak ada unsur musibah didalamnya sebetulnya tidak tepat jika digunakan Asurasni sebagai solusinya.

2. Kemampuan Anda menanggung Risiko

Asuransi adalah mengalihkan risiko yang tidak ingin atau tidak mampu Anda tanggung sendiri kepada pihak Asuransi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kemampuan di dalam menanggung dampak keuangan dari suatu peristiwa maka Anda tidak memerlukan Asuransi untuk persitiwa tersebut. Dengan kata lain, semua risiko yang dampak keuangannya bisa Anda tanggung tidak perlu diasuransikan.

3. Perkiraaan Waktu Terjadinya

Untuk kebutuhan keuangan yang waktunya bisa Anda ketahui, bukan menggunakan Asuransi tetapi Investasi. Jika Anda butuh uang sepuluh juta rupiah dalam waktu 3 tahun lagi maka akan tidak bijaksana menggunakan asuransi untuk mendapatkan keinginan tersebut. Anda sebaiknya menggunakan investasi untuk mewujudkannya.

4. Biaya Asuransi

Jika suatu risiko yang ingin Anda proteksi dengan Asuransi ternyata memiliki premi yang sangat mahal maka pertimbangkan untuk tidak menggunakan Asuransi.s

Keempat kriteria ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan apakah Anda perlu mengambil Asuransi untuk suatu risiko tertentu.

Contoh Kasus

Apakah suatu tindakan yang tepat seandainya keluarga Pak Adi ingin mempersiapkan kelahiran anak pertama mereka dengan mengambil Asuransi untuk Melahirkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menerapkan empat kriteria di atas.

Melahirkan bukanlah suatu musibah. Pak Adi bisa mencari rumah sakit yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Kelahiran bisa diperkirakan sehingga uang untuk persalinan bisa dipersiapkan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR