7 Elemen Terobosan Finansial

7 elemen yang ada di dalam pengelolaan keuangan secara umum adalah Pendapatan, Utang, Pengeluaran, Tabungan, Asuransi Investasi, Investasi di Surga. Kebun buah bisa digunakan untuk menjelaskan semua elemen keuangan ini.
Pendapatan, Utang
1. Pendapatan

Pendapatan digambarkan sebagai uang yang digunakan untuk mengelola kebun buah ini. Artinya, semakin banyak pendapatan akan semakin banyak uang yang bisa digunakan untuk memperbesar kebun buah. Pendapatan ini salah satunya didapat dari penjualan buah yang dihasilkan. Pendapatan ini harus dibuat sebesar mungkin.

2. Utang

Utang digambarkan sebagai uang yang diperlukan untuk memperbesar kebun buah itu. Utang harus diusahakan untuk tidak membiayai pengeluaran (biaya operasional) tetapi untuk memperbesar kebun buah. Utang harus di dalam kemampuan pemilik kebun buah. Sebisa mungkin, utang tidak diambil.

Pengeluaran
3. Pengeluaran

Pengeluaran digambarkan sebagai uang yang digunakan untuk biaya operasional dari kebun buah ini. Yang termasuk dalam biaya operasional adalah biaya membayar pegawai, biaya air, biaya komunikasi, dan pengeluaran. Biaya operasional ini harus diusahakan untuk sekecil mungkin tetapi tetap bisa mencakup semua pengeluaran yang digunakan untuk menghasilkan banyak buah.

Tabungan
4. Tabungan

Tabungan digambarkan sebagai cadangan buah yang digunakan untuk berjaga-jaga. Cadangan ini sebaiknya tidak terlalu besar karena lebih baik jika buah tersebut dijual sehingga uangnya bisa berkembang. Namun, cadangan ini harus ada untuk berjaga-jaga jika kebun buah tersebut tidak menghasilkan. Cadangan ini tidak boleh terlalu besar. Jumlahnya sekitar 3 kali biaya bulanan.

Asuransi, Investasi
5. Investasi

Investasi digambarkan sebagai jumlah pohon buah yang ada di dalam kebun ini. Semakin banyak pohon yang ditanam akan semakin besar kemampuan untuk menghasilkan buah. Namun demikian, pohon buah yang dimiliki sebaiknya tidak melebihi kapasitas yang dimiliki oleh pemilik kebun buah.

6. Asuransi

Asuransi digambarkan sebagai pagar yang melindungi kebun buah. Pagar harus sebanding dengan jumlah pohon dan kualitas pohon yang dimiliki. Oleh karena itu, Asuransi tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Asuransi harus sebanding dengan nilai yang ingin diproteksi.

Investasi di Surga
7. Investasi di Surga

digambarkan sebagai iklim dan kondisi alam. Tanaman akan berbuah lebat saat sesuai dengan iklim dan kondisi alam. Oleh karena itu, investasi di sorga ini juga harus diperhatikan untuk membuat semua pohon berbuah lebat.

Dengan memaksimalkan tujuh elemen keuangan ini diharapkan kita bisa memiliki hidup keuangan yang baik.

Siap merencanakan anggaran keuangan pribadi Anda?

Buat Anggaran Pribadi Sekarang!

UNTUK MELENGKAPI ANDA, DOWNLOAD 3 EBOOK GRATIS INI…

Foundation for Financial Breakthrough

Download

Manage Like a Pro (Karyawan)

Download

Manage Like a Pro (Pengusaha)

Download

TPPT Working

TPPT Working

True Professional Personality Test (TPPT) Working ini berfungsi untuk melihat kecenderungan yang Anda miliki di dalam bekerja.

Dengan mengambil TPPT Working ini, Anda akan mengerti kecenderungan yang Anda miliki saat Anda melakukan pekerjaan. dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengelola keuangan Anda secara optimal.

TPPT Finansial

TPPT Finansial

True Professional Personality Test (TPPT) Finansial ini berfungsi untuk melihat kecenderungan yang Anda miliki di dalam mengelola keuangan Anda.

Dengan mengambil TPPT Finansial ini, Anda akan mengerti kecenderungan yang Anda miliki dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengelola keuangan Anda secara optimal.

Lebih lanjut tentang TPPT Finansial >

Tes Sindrom Finansial

Sindrom Finansial

Sindrom adalah himpunan gejala atau tanda yang terjadi serentak (muncul bersama-sama) dan menandai ketidaknormalan tertentu; hal-hal (seperti emosi atau tindakan) yang biasanya secara bersama-sama membentuk pola yang dapat diidentifikasi (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Dengan demikian, Sindrom Finansial bisa diartikan sebagai pola ketidaknormalan yang disebabkan oleh cara pandang yang berhubungan dengan uang. Ikuti Tes untuk mengetahui Sindrom Finansial yang Anda miliki.

Lebih lanjut tentang Tes Sindrom Finansial >